LAPORAN KUESIONER

Untuk Mengetahui Kebutuhan Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi

Universitas Pendidikan Indonesia

 

 

 

Oleh :

Annisa Dwi Puspita

Hanifhutria Arlinda

Nizar Ibnus

Wildan Hariz

 

 

JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

BANDUNG

2011

 

I.              LATAR BELAKANG

Banyak masyarakat di sekitar kita mengalami kesulitan untuk  memenuhi kebutuhan mereka dalam bahasa Inggris. Hal ini di karenakan ketidaksesuaian materi pembelajara bahasa Inggris dengan profesi yang mereka geluti. Kebanyakan mereka mendapati materi bahasa Inggris umum atau General Inggris yang juga dipelajari di sekolah-sekolah, padahal materi-materi tersebut hampir sudah tidak relevan lagi bagi mereka yang memiliki profesi yang berbeda-beda. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu ESP (English for Specific Purposes) yang membantu mereka untuk menggunakan bahasa Inggris yang sesuai dalam kehidupan kerja mereka. Maka dari itu sebelum ESP diberikan kepada mereka kami merasa perlu untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan apa saja yang mereka perlukan dalam mempelajari bahasa Inggris, agar materi ESP yang diberikan kepada mereka nantinya lebih tepat sasaran dan bermanfaat.

II.           TUJUAN

Tujuan dari kuesioner ini adalah untuk memenuhi tugas akhir kami di mata kuliah ESP (English for Spesific Purposes) dan  mengetahui kebutuhan belajar bahasa Inggris mahasiswa-mahasiswa di Jurusan Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Indonesia. 

III.        METODE PENELITIAN

Metode penilitian yang kami gunakan adalah metode penelitian quantitative. Kami menyebarkan kuesioner yang terdiri dari 20 pertanyaan pilihan ganda dan 5 pertanyaan esei ke 30 responden, yaitu mahasiswa-mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Indonesia. 

IV.        KUESIONER

Pengantar

Berikut adalah angket yang telah dirancang khusus untuk mengetahui kebutuhan Anda akan Bahasa Inggris yang disesuaikan dengan bidang keahlian Anda. Kami mengharapkan kerjasama Anda dengan mengisi secara jujur pertanyaan-pertanyaan yang diajukan  agar didapatkan informasi yang akurat untuk tujuan pengembangan pembelajaran Bahasa Inggris yang sesuai dengan tuntutan profesi terkait. Untuk alasan privasi, kami tidak mencantumkan nama dan identitas asli anda. Atas partisipasi Anda, kami ucapkan terima kasih.

Petunjuk Pengisian

  1. Bacalah setiap pernyataan dengan teliti, kemudian jawablah pernyataan tersebut dengan memilih jawaban yang telah disediakan.
  2. Untuk pertanyaan pilihan ganda, bubuhkanlah tanda centang ( √ ) pada pilihan anda di lembar jawaban yang telah disediakan.
  3. Tidak ada jawaban yang salah ataupun benar, oleh karena itu pilihlah jawaban yang sesuai dengan keadaan, pemikiran, dan pengalaman anda.

 A.    Pilihan Ganda

No Pertanyaan Setuju  tidak setuju
Sangat setuju Setuju Tidak setuju Sangat

Tidak setuju

1 Sebagain besar motivasi mahasiswa belajar bahasa Inggris adalah untuk melanjutkan pendidikan ke luar negri.
2 Rata-rata tingkat kemampuan bahasa Inggris mahasiswa di jurusan anda adalah baik.
3 Menggunakan bahasa Inggris dalam biologi lebih bermanfaat dibandingkan dengan menggunakan bahasa Indonesia.
4 Mempelajari bahasa Inggris penting untuk menunjang karir anda.
5 Mata kuliah bahasa Inggris perlu diadakan setiap semester di jurusan anda.
6 Aspek terpenting untuk menguasai bahasa Inggris adalah grammar.
7 Mempelajari grammar penting dalam perkuliahan bahasa Inggris di jurusan anda.
8 Keahlian apa yang paling dibutuhkan dalam mempelajari bahasa Inggris di jurusan Biologi adalah Reading (membaca) dan writing (menulis).
9 Anda lebih mengerti materi biologi dalam bahasa Inggris.
10 Kosakata ilmiah biologi penting ditulis dalam bahasa Inggris.
11 Aspek apa yang paling sulit dalam bahasa Inggris adalah grammar.
12 Anda sering menemui kesulitan dalam mempelajari materi biologi yang berbahasa Inggris.
13 Hal utama yang membuat anda sulit untuk memahami buku paket biologi yang berbahasa Inggris adalah kosakata yang sulit.
14 Hal  yang anda lakukan pertama kali ketika anda menemukan kosakata yang sulit adalah mecari maknanya di kamus.
15 Anda sering megalami kesulitan ketika menghapalkan kosakata ilmiah berbahasa Inggris.
16
17 Cara anda meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris yaitu dengan melakukan percakapan berbahasa Inggris dengan teman sekelas anda.
18 Hal yang menyebabkan anda kurang percaya diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris adalah takut membuat kesalahan.
19 Anda sering menggunakan bahasa Inggris dalam perkuliahan sehari-hari.
20 Anda sering berbicara dengan dosen dalam bahasa Inggris baik di dalam atau di luar perkuliahan.
  1. B.       Esei
  2. Apa pendapat anda mengenai penggunaan Bahasa Inggris dalam mempelajari biologi? Jelaskan!
  3. Kesulitan apa saja yang anda hadapi dalam mempelajari biologi dalam Bahasa Inggris? Jelaskan!
  4. Seberapa sering anda melihat kamus jika ada kosakata Bahasa Inggris yang tidak  anda ketahui artinya? Jelaskan!
  5. Apakah menurut anda mempelajari biologi dalam Bahasa Inggris membuat anda lebih mudah dalam menghapal istilah-istilah biologi? Jelaskan alasannya!
  6. Ketika membaca buku paket Biologi yang berbahasa Inggris, seberapa baik anda dalam  memahami isinya? Jelaskan!

 

 V.           JAWABAN KUESIONER

No Pertanyaan

S

TS

Jumlah Responden

SS

S

TS

STS

Responden

%

Responden

%

Responden

%

Responden

%

1

10

33,3

5

16,7

0

0

15

50

30

2

1

3,33

19

63,3

9

30

1

3,33

30

3

5

16,7

25

83,3

0

0

0

0

30

4

14

46,7

16

53,3

0

0

0

0

30

5

8

26,7

18

60

4

13,3

0

0

30

6

9

30

15

50

0

0

6

20

30

7

7

23,3

22

73,3

1

3,33

0

0

30

8

8

26,7

5

16,7

8

26,7

9

30

30

9

0

0

21

70

9

30

0

0

30

10

6

20

14

46,7

9

30

1

3,33

30

11

4

13,3

22

73,3

0

0

4

13,3

30

12

7

23,3

18

60

5

16,7

0

0

30

13

9

30

6

20

11

36,7

4

13,3

30

14

22

73,3

5

16,7

3

10

0

0

30

15

1

3,33

24

80

5

16,7

0

0

30

16

7

23,3

16

53,3

6

20

1

3,33

30

17

4

13,3

6

20

15

50

5

16,7

30

18

10

33,3

3

10

16

53,3

1

3,33

30

19

0

0

10

33,3

18

60

2

6,7

30

20

0

0

1

3,33

22

73,3

7

23,3

VI.             KESIMPULAN
Berdasarkan kuesioner yang telah dibagikan kepada 30 orang mahasiswa jurusan Biologi UPI, kuesioner ini dibuat untuk mengetahui kebutuhan mahasiswa akan bahasa Inggris terutama mahasiswa jurusan Biologi. Dalam kuesioner ini terdapat lima pertanyaan menyangkut kebutuhan mahasiswa akan Bahasa Inggris terutama mahasiswa di jurusan Biologi. Berdasarkan hasil kuesioner yang telah kami olah, kami dapat menyimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa (21 mahasiswa) jurusan Biologi menganggap bahwa mempelajari bahasa Inggris di jurusan Biologi itu sangat penting dan mereka sangat membutuhkan mata kuliah bahasa Inggris di jurusan mereka. Karena menurut mereka di zaman sekarang sudah seharusnya para mahasiswa menguasai bahasa Inggris terutama di jurusan Biologi, karena banyak buku referensi (buku sumber), jurnal serta literature yang mereka gunakan menggunakan bahasa Inggris. Tidak hanya buku sumber yang menggunakan Bahasa Inggris, tapi beberapa kata ilmiah yang mereka pelajari di buku sumber yang berbahasa Indonesia pun menggunakan bahasa Inggris.
Sebagian kecil mahasiswa (9 mahasiswa) jurusan Biologi menganggap bahwa mempelajari bahasa Inggris di jurusan Biologi itu tidak terlalu penting, karena menurut mereka bahasa Inggris justru akan menghambat mereka dalam mempelajari mata kuliah Biologi. Karena kurangnya tata bahasa dan kosakata bahasa Inggris yang  mereka kuasai, sehingga mereka mereka kesulitan ketika mempelajari Biologi.Menurut mereka, bahasa Inggris tidak cocok dalam pembelajaran Biologi, karena dalam pembelajaran Biologi terutama dalam hal kosakata ilmiah, lebih banyak menggunakan bahasa Latin dibandingkan dengan Bahasa Inggris.

Berdasarkan pernyataan dan pendapat  diatas, kami dapat menyimpulkan bahwa mahasiswa di jurusan Biologi sangat membutuhkan bahasa Inggris.

LAPORAN KUESIONER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s